Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Panduan Setelah Membeli Advan Workplus

Selamat atas pembelian Advan Workplus Anda! Apakah Anda harus melakukan pengaturan tertentu? Adakah perangkat lunak yang sebaiknya diunduh? Bagaimana dengan langkah-langkah perlindungan dan perawatan? Dalam artikel ini, kami akan membahas serangkaian langkah yang perlu Anda lakukan setelah membeli Advan Workplus untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman pengguna yang optimal dan memperpanjang umur perangkat Anda. 

Panduan Setelah Membeli Advan Workplus

Hal Yang Harus Dilakukan Setelah Membeli Laptop Advan Workplus

Daftar Isi :

  1. Cek Kelengkapan Unit Laptop
  2. Pastikan Fisik Laptop Aman
  3. Cek kelengkapan kartu garansi
  4. Setup Pin dan Finger Print 
  5. Perbarui Sistem Operasi
  6. Buat Restore Point Untuk Windows
  7. Buat Backup Windows Image
  8. UPDATE

Di tanggal 25 Maret 2024 ini tepatnya pada big sale ramadhan, alhamdulillah saya berhasil dan beruntung mendapatkan laptop Advan Workplus ini, untuk spesifikasi SSD 1TB dan RAM 16GB dengan harga 6.4 Juta. Dimana kalau di hari hari biasanya di bandrol dengan harga 7.5 Juta sampai dengan 8 Jutaan. Untuk link pembelian ada disini : Promo Advan Workplus.

1. Cek Kelengkapan Unit Laptop

Cek Kelengkapan Unit Laptop

Setelah paket sampai, sebaiknya sebelum membuka keseluruhan paket jangan lupa untuk melakukan video anboxing pada paket tersebut, kenapa? supaya jika terjadi kekurangan atau kecacatan dari paket tersebut kita memiliki bukti kalau itu bukan kesalahan dari kita atau kekurangan barang dari kita. Artinya itu merupakan kekurangan dari pengirim paket atau ketika di perjalanan.

Setelah melakukan video anboxing tentu saja kita periksa untuk kelengkapan unit laptop nya, seperti mulai dari Laptop, Charger Laptop, Kartu Garansi, atau sebagainya. Karena kita memiliki video anboxing jika terjadi kekurangan atau kerusakan, kita bisa melakukan return atau minta kirim lagi yang kurang.

2. Pastikan Fisik Laptop Aman

Setelah melakukan anboxing, perhatikan dengan seksama pada masing-masing bagian laptop. Mulai dari monitor laptop, engsel laptop, keyboard laptop, casing laptop, baut laptop dan sebagainya, pastikan tidak ada kerusakan sedikit pun.

Tentu saja jika rusak atau sebagainya, anda bisa melakukan return dengan membawa bukti pembelian atau video unboxing tadi. Berikut ini merupakan lokasi untuk vancare dari advan Lokasi Vancare.

3. Cek kelengkapan kartu garansi

 Panduan dan Kartu Garansi Advan Workplus

Tentu ketika kita membeli barang elektronik kita mendapatkan informasi mengenai garansi dari produk tersebut. Termasuk dari laptop advan workplus ini, mendapatkan garansi selama 1 Tahun. Sedangkan untuk baterai di 6 Bulan informasinya begitu. Pastikan di dalam kardus ketika amboksing mendapatkan kartu garansi ya teman-teman.

4. Setup Pin dan Fingerprint

Setup Pin dan Fingerprint

Setelah menghidupkan laptop, kita akan di minta untuk memilih bahasa yang digunakan, layout keyboard, nama pengguna dan sebagainya. Setelah selesai kita akan melakukan proses untuk unduh dan installation sistem operasi windows 11 update dan ini berlaku jika kita terhubung ke internet.

Setelah proses itu selesai, berikutnya kita akan diarahkan ke bagian setup pin dan fingerprint. Karena laptop advan workplus memiliki fitur fingerprint tentu kita gunakan sebaik mungkin, jadi disini saya sarankan untuk mengaktifkan fitur fingerprint tersebut, tak lupa untuk mengaktifkan pin supaya ketika trouble di fingerprint bisa menggunakan pin.

5. Perbarui Sistem Operasi

Update System Operating
 

Laptop Advan Workplus ini sudah di install kan sistem operasi Windows 11, dan juga microsoft office 365. Ketika menghidupkan laptop advan workplus ini, pada tampilan pertama adalah setup untuk sistem operasi. Meliputi setup bahasa, pengaturan keyboard, nama perangkat dan sebagainya.

Kemudian nanti kita akan di tanyakan untuk menghubungkan perangkat kita ke jaringan, nah pada proses ini terjadi proses untuk setup sistem operasi nya, termasuk mengunduh versi terbaru dan kemudian melakukan install dari versi terbaru tersebut. Silahkan tunggu beberapa saat hingga proses ini selesai dan anda akan masuk ke dalam tampilan desktop windows anda.

6. Buat Restore Point Untuk Windows

Perlu kita lakukan yaitu pembuatan restore point untuk laptop kita, lalu apasih itu restore point?

System restore point adalah salah satu fitur windows yang berfungsi untuk mengembalikan atau membatalkan perubahan yang terjadi pada sistem komputer anda ke keadaan semula sebelum terjadinya suatu masalah, baik ketika anda menginstal software maupun merubah suatu settingan tertentu.

Nah itu kurang lebih, jadi ketika sesuatu masalah terjadi pada sistem operasi kita, kita dapat mengembalikan atau membatalkan perubahan yang terjadi pada sistem kita.

Cara membuat System Restore Point

  1. Cari pada menu start windows "create restore point"
  2. Kemudian kita tentukan partisi mana yang akan kita buat untuk restore point nya, disini pasti kita akan membuat untuk local disk C: atau system laptop kita.

    System Restore Point

  3. Setelah memilih Local Disk C:, kemudian klik create.
  4. Masukkan nama restore point.
  5. Tunggu sampai selesai.

Bagaimana memeriksa hasil System Restore Point

Untuk memeriksa hasil dari system restore point yang sudah kita buat, dengan cara :

  1. cari pada menu start windows "create restore point"
  2. Kemudian pilih "system restore"
  3. nanti akan muncul pilihan restore point nya, dan anda bisa melihat hasil restore point pada menu "choose a different restore point"
  4. Nanti nya akan muncul beberapa list restore point yang sudah anda buat.
  5. Anda juga bisa melihat untuk scan affected program yang sudah dibuat untuk restore point nya, seperti gambar berikut.

    Result System Restore Point

7. Buat Backup Windows Image

Bagian ini sih yang lumayan kalau misal terjadi trouble pada laptop kita, tepatnya di sistem operasi kita, kita bisa restore dari windows image yang sudah kita buat. Yaa kalao install ulang gak perlu ribet-ribet gitu, karena bawaan windows 11 dari advan workplus keknya itu windows 11 resmi deh hihi.

Kalau kata kumparan gini

Image Backup menyalin semua yang ada di drive kita sampai pada partisi dan boot sector. Ini adalah satu – satunya cara yang benar untuk mem-backup windows installation. Sedangkan File Backup hanya mem-backup copy-an dari dokumen, photo, spreadsheet, dan lain – lain. Di lain pihak file backup juga sangat penting, dimana saat kita sudah menginstall kembali windows, kita tidak akan mungkin untuk mereposisi, photo, atau dokumen – dokumen penting lainnya satu persatu.

Cara Membuat Backup Windows Image

Oke udah dapet pengetahuan tentang backup windows image, sekarang adalah caranya :

  1. Buka control panel
  2. Pilih system and security
  3. Cari Backup and restore (windows 7)
  4. Terus dibagian kiri ada pilihan "create a system image", klik ajaa
  5. Nanti kita ditanyain, mau nyimpen backup nya dimana pilih yang sesuai anda mau. Kalau udah next.
  6. Nanti ada konfirmasi untuk backup setting nya, nah disini bawaan nya itu ada EFI system, Data Center (OS Windows nya), Recovery.
  7. Kalau udah ya udah klik start aja.

    Start Backup System Image

  8. Terus nanti hasilnya begini di folder yang anda udah set untuk penyimpanan backup nya :

    hasil backup image system

  9. Nah nanti kalau recovery kita bisa pakai itu, yaa saya belum pernah coba, karena selama ini install ulang sendiri wkwk.

Kesimpulan

Iyaudah gitu aja untuk tips dari saya, mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam memberikan saran disini wkwk, namanya juga manusia. Tapi harapan kita bersama adalah semoga laptop kita advan workplus ini bisa bertahan lama ya. Tentu saja harus ikhtiar di jaga dengan baik, dan semoga hasilnya baik juga :). Aamiin.

Update

Dapat ingfo dari temen-temen di grup workplus, kurang lebih sebagai berikut :

  1. Usahakan kalau mau buat backup windows image kagak usah konek internet dulu, biar gak update jadi masih ORI banget tuh.
  2. Terus kalau udah buat Backup Windows Image restore point gausah sih karena udah jadi satu paket disitu. Tapi gapapa biar aman hihi.

Post a Comment for "Panduan Setelah Membeli Advan Workplus"