Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pembahasan Introduction To Academy Hack The Box

Hack The Box (HTB) telah menjadi tempat yang sangat populer bagi para profesional keamanan informasi, peneliti keamanan, dengan tujuan untuk mengasah keterampilan mereka dalam dunia hacking secara etis. Mari kita telusuri lebih lanjut tentang Pembahasan Introduction To Academy pada platform Hack The Box. 

Pembahasan Introduction To Academy Hack The Box

Panduan Modul Introduction To Academy Pada Hack The Box

Daftar Isi:

1. Mengenal Hack The Box

Hack The Box adalah platform perangkat lunak peningkatan keterampilan, sertifikasi, dan penilaian bakat keamanan siber terkemuka yang memungkinkan individu, bisnis, lembaga pemerintah, dan universitas mempertajam keahlian keamanan ofensif dan defensif mereka.

Hack The Box (HTB) telah menjadi tempat yang sangat populer bagi para profesional keamanan informasi, peneliti keamanan, dan dengan tujuan untuk mengasah keterampilan mereka dalam dunia hacking secara etis. Salah satu fitur menarik yang ditawarkan oleh platform ini adalah Introduction to Academy, sebuah program pembelajaran yang dirancang untuk memperkenalkan dasar-dasar keamanan komputer dan teknik-teknik hacking kepada para pemula.

Tujuan htb academy adalah menyediakan proses pembelajaran yang sangat interaktif dan efisien untuk memungkinkan pengguna bersenang-senang sambil belajar. Konten dalam akademi didasarkan pada konsep "pembelajaran terpandu". siswa disajikan materi dalam potongan-potongan yang mudah dicerna dengan contoh-contoh perintah dan keluarannya secara keseluruhan, bukan hanya teori. siswa diberikan host target di mana mereka dapat mereproduksi sendiri materi yang disajikan di setiap bagian, latihan langsung yang berfungsi sebagai "pos pemeriksaan", dan penilaian keterampilan untuk menguji pemahaman mereka terhadap materi.

Academy Structure pada Academy Hack The Box

Pada Academy Hack The Box terdapat struktur pembelajaran seperti berikut :

Path
  ├── Module_1
  │     └── Sections
  │
  ├── Module_2
  │     └── Sections
  │
  ├── Module_3
  │     └── Sections
  │
  └── Module_4
        └── Section

PATH : path adalah kumpulan modul (yaitu, path bernama basic toolset dapat mencakup modul pada nmap, sqlmap, hashcat, dan tools lainnya).

MODULES : modul selalu fokus pada topik atau alat tertentu untuk membantu siswa meningkatkan keahlian mereka di bidang tertentu. banyak modul berbasis skenario dan berupaya mengikuti langkah-langkah yang akan diambil dalam penilaian dunia nyata untuk menjadikan materi sangat berguna dan relevan bagi siswa yang baru mengenal infosec atau siswa yang ingin meningkatkan pengetahuan mereka dalam bidang topik tertentu. 

SECTION : Modul dipecah menjadi beberapa bagian. bagian-bagian ini adalah inti dari modul dan berisi materi pelajaran yang diajarkan, keluaran perintah yang relevan, dan latihan langsung.

2. Pembahasan Modul Introduction To Academy

Pada Modul Introduction to Academy berisi tentang pengenalan dari Academy Hack The Box itu sendiri, seperti pengenalan struktur materi, modul, path, point dan sebagainya.

Pada Introduction To Academy terdapat beberapa konten seperti pada gambar berikut, jika terdapat logo kubus artinya ada tugas yang perlu dikerjakan.

Introduction To Academy

Introduction

Pada Introduction adalah pengenalan dari modul ini, kemudian pengenalan tentang struktur academi dan juga beberapa penjelasan seperti Path, Modules, dan Section. 

Setelah anda selesai membaca informasi tersebut bisa langsung scroll ke bawah dan klik Mark Complete & Next.

klik Mark Complete & Next.

Section

  • Daftar Isi
    • Dengan menggunakan daftar isi kita dapat dengan mudah melakukan navigasi ke section tertentu.
  • My Workstation
    • My Workstation adalah sistem operasi Linux (Parrot OS), yang dilengkapi dengan banyak alat untuk membantu Anda dalam proses pembelajaran. Anda dapat memunculkannya kapan saja dari menu sebelah kanan untuk mempraktikkan materi apa pun yang Anda pelajari, dan, di bagian tertentu, Anda akan menggunakannya untuk menyelesaikan latihan
  • Tugas Interaktif
    • Anda akan melihat bahwa beberapa Bagian memiliki ikon kubus kecil () di sebelahnya! Kami menyebutnya Bagian Interaktif dan memerlukan satu atau lebih jawaban dari Anda untuk menyelesaikannya. Bagian Interaktif ini terkadang juga memerlukan penggunaan My Workstation

Setelah anda selesai membaca informasi tersebut bisa langsung scroll ke bawah dan klik Mark Complete & Next.

Interactive Section

Bagian Interaktif, sebagaimana dinyatakan sebelumnya, memerlukan satu atau lebih jawaban dari Anda untuk menyelesaikannya.

Anda selalu dapat melewati bagian interaktif dengan mengklik Berikutnya, meskipun bagian tersebut akan tetap tidak lengkap sampai Anda mengirimkan semua jawaban yang benar.

Jika memiliki kesulitan untuk menjawab pertanyaan yang ada anda dapat melakukan klik pada cheat sheet atau hint. Berikut ini adalah pertanyaan yang diberikan:

Qestion : What is the name of the first section of this module? If you are using a translation solution while studying, please disable it temporarily to enter the first section's name in English

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kita harus melihat konten pertama pada daftar isi, jadi jawaban nya adalah Introduction.

Setelah selesai klik submit dan klik Mark Complete & Next.

Interactive Section with Terminal

Bagian Interaktif ini juga mencakup instance Linux. Anda dapat menggunakan instance langsung dari bawah atau klik Layar Penuh untuk membuka instance layar penuh di jendela browser baru.

Klik Start Instance

Start Instance

Muncul sistem operasi linux yang akan digunakan untuk proses interactive section menggunakan terminal.

OS Linux Instance

Di bagian kiri atas jendela instance, Anda akan melihat beberapa ikon. Yang paling sering Anda gunakan adalah terminal bash.

Bash Terminal

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menyelesaikan latihan ini.

  • Klik tombol Mulai Instans
  • Coba cari ikon terminal bash dan klik!
  • Petunjuk: Cari ikon di bagian kiri atas instance.
  • Ketik uname -a dan tekan Enter di jendela terminal.
  • Tip: Ini akan mengembalikan beberapa informasi berguna tentang varian spesifik OS dan kernelnya.

Question: Based on the commands you executed, what is likely to be the operating system flavor of this instance? (case-sensitive)

Buka terminal kemudian ketik uname -a kemudian akan muncul informasi dari sistem operasi yang digunakan, dan jawaban dari pertanyaan diatas adalah parrot. Masukkan jawaban tersebut di form jawaban kemudian submit dan klik Mark Complete & Next.

uname -a

Interactive Section with Target

Berikutnya yaitu Interactive Section with Target, pada section ini kita akan mengaktifkan target yang digunakan untuk mendapatkan jawaban yang dibutuhkan.

Untuk mengaktifkan interaksi dengan Target, Anda dapat memunculkannya dari bagian bawah halaman, di bagian atas Pertanyaan.

Spawn Target

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menyelesaikan latihan ini.

  • Aktifkan targetmu!
  • Spawn My Workstation jika Anda belum melakukannya.
  • Dari stasiun kerja Anda, buka Firefox dan telusuri URL target.
  • Jawab pertanyaan di bawah ini.

Bagian interaktif dalam modul akan memiliki target Docker yang menyertainya, satu VM, atau beberapa VM, bergantung pada materinya. Setelah memunculkan target, ada beberapa cara untuk berinteraksi dengannya. 

  • Sudah mendapatkan IP Target, kemudian di copy
get ip target
  • Paste pada browser dan dapatkan jawaban dari pertanyaan diatas

Jawaban dari pertanyaan diatas adalah t4rg3ts. Masukkan jawaban tersebut di form jawaban kemudian submit dan klik Mark Complete & Next.

Modules, Path dan Conclusion

Pada menu berikutnya silahkan anda baca sendiri wkwk, kalau udah ya udah di Mark Complete & Next. Pada Conclusion itu ada Finish silahkan di klik saja yang Finish. Setelah itu selesai :)

Finish Introduction to academy

Setelah selesai anda dapat membagikannya ke sosial media seperti LinkedIn atau Twitter dan sebagainya, atau anda juga bisa mendapatkan link hasil tersebut dan dibagikan ke teman-teman anda, mantap kan awikawok :)

Contohnya kek gini : https://academy.hackthebox.com/achievement/1015308/15

3. Kesimpulan

Introduction to Academy pada Hack The Box adalah sarana yang luar biasa untuk memulai perjalanan Anda dalam dunia keamanan informasi dan hacking. Dengan menyediakan dasar-dasar yang kuat dan beragam materi pembelajaran yang interaktif, program ini membantu Anda untuk membangun keterampilan yang diperlukan untuk menjadi seorang profesional keamanan informasi yang sukses.

Tag Penelusuran

  • Hack The Box
  • Introduction To Academy
  • Pembahasan HTB Introduction To Academy
  • Blog Wahyup

Post a Comment for "Pembahasan Introduction To Academy Hack The Box"