Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Capaian Pembelajaran Dasar TJKT 2023

Dalam era transformasi digital yang terus berkembang, peran Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi (TJKT) menjadi semakin penting dalam mendukung konektivitas dan integrasi sistem informasi. Pada tahun 2023 Kurikulum Merdeka, capaian pembelajaran dasar TJKT memainkan peran krusial dalam mempersiapkan para profesional untuk menghadapi tuntutan industri yang terus berubah.  

Capaian Pembelajaran Dasar TJKT 2023

Capaian Pembelajaran Dasar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi 2023 

Daftar Isi :

  • Tujuan Mata Pelajaran Dasar TJKT
  • Karakteristik Dasar TJKT
  • Capaian Pembelajaran Dasar TJKT
  • Unduh Capaian Pembelajaran Dasar TJKT

Pentingnya evolusi dalam Capaian Pembelajaran Dasar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi (TJKT) menjadi semakin jelas ketika dibandingkan dengan versi sebelumnya. Terobosan yang mencolok terletak pada bagaimana pendekatan pembelajaran tidak lagi hanya membatasi diri pada pemahaman konsep semata, melainkan memberikan penekanan pada kemampuan praktis. Dalam konteks ini, siswa tidak hanya diharapkan untuk memahami, tetapi juga untuk mampu menjelaskan, menerapkan, dan mengimplementasikan konsep-konsep yang mendasari masing-masing elemen capaian pembelajaran. 

Perubahan ini mencerminkan upaya untuk menciptakan lulusan TJKT yang tidak hanya terampil dalam teori, tetapi juga memiliki keterampilan praktis yang diperlukan untuk menghadapi tantangan nyata di dunia industri yang terus berubah. Sebagai hasilnya, pendekatan ini tidak hanya menciptakan pemahaman yang lebih mendalam, tetapi juga menjamin bahwa lulusan mampu menghadapi kompleksitas dunia nyata yang dihadapi oleh para profesional TJKT.

1. Tujuan Mata Pelajaran Dasar TJKT

Mata pelajaran Dasar-dasar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi bertujuan membekali peserta didik dengan dasar-dasar pengetahuan, keterampilan, dan sikap (hardskills dan softskills) yang diarahkan untuk mengembangkan kemampuan sebagai berikut:

  • Memahami proses bisnis di bidang teknik jaringan komputer dan telekomunikasi;
  • Memahami wawasan perkembangan bidang teknik jaringan komputer dan telekomunikasi;
  • Memahami profesi dan kewirausahan (job-profile dan technopreneurship), serta peluang usaha di bidang teknik jaringan komputer dan telekomunikasi;
  • Memahami lingkup kerja pada bidang teknik jaringan komputer dan telekomunikasi;
  • Menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja serta Lingkungan Hidup (K3LH) di lingkungan kerjanya;
  • Memahami penerapan media dan jaringan telekomunikasi.
  • Memahami penggunaan Alat Ukur dalam teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi.

2. Karakteristik Dasar TJKT

Mata pelajaran Dasar-dasar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi memiliki elemen materi sebagai berikut: Proses bisnis di bidang Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi, Wawasan perkembangan bidang Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi, Entrepreneurship dan job-profile di bidang Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi, Orientasi dasar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi, Media dan Jaringan Telekomunikasi, dan Alat Ukur. Pengembangan soft skills pada mata pelajaran Dasar-dasar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi sangat penting sebagai pembekalan dasar di dalam membangun etos kerja, meliputi: komunikasi, critical thinking, kolaborasi, dan kreativitas. Mata Pelajaran Dasar-dasar sar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasimerupakan fondasi dalam pemodelan, implementasi, dokumentasi serta testing perangkat lunak.

Pada awal pembelajaran peserta didik dikenalkan pada lapangan kerja, jabatan kerja yang dapat dimasuki setelah lulus, dan konsentrasi-konsentrasi keahlian yang dapat dipelajari pada kelas XI dan XII, untuk menumbuhkan passion (renjana), vision (visi), imajinasi, dan kreativitas melalui berbagai aktivitas antara lain sebagai berikut:

  1. Pembelajaran di kelas;
  2. Pembelajaran di bengkel;
  3. Projek sederhana;
  4. Berinteraksi dengan alumni yang sudah berkarir dan praktisi industri;
  5. Berkunjung ke industri yang relevan;
  6. Pencarian informasi melalui media digital.

Tahap internalisasi wawasan serta soft skills ini membutuhkan porsi dominan (sekitar 75%) dari waktu yang tersedia pada kelas X, sebelum mempelajari aspek hard skills yang lebih spesifik.

3. Capaian Pembelajaran Dasar TJKT Terbaru

Pada akhir fase E (kelas X SMK), peserta didik akan mendapatkan gambaran yang tepat mengenai program keahlian yang dipilihnya melalui penguatan Wawasan Dunia Kerja dan Kewirausahaan serta penguasaan elemen-elemen pembelajaran lainnya, sehingga dapat menumbuhkan passion serta vision yang dapat memotivasi dalam merencanakan serta melaksanakan aktivitas belajar pada fase ini maupun fase berikutnya.

Capaian Pembelajaran pada elemen-elemen mata pelajaran Dasar-dasar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi dapat diuraikan sebagai berikut: 

Elemen :

  • Proses bisnis di bidang teknik jaringan komputer dan telekomunikasi
  • Perkembangan teknologi di bidang teknik jaringan komputer dan telekomunikasi
  • Profesi dan Kewirausahaan (job-profile dan technopreneur) di bidang teknik jaringan komputer dan telekomunikasi
  • Orientasi dasar teknik jaringan komputer dan telekomunikasi
  • Keselamatan dan Kesehatan Kerja Lingkungan Hidup (K3LH) dan budaya kerja industri
  • Media dan Jaringan Telekomunikasi
  • Penggunaan Alat Ukur

Capaian Pembelajaran :

  • Pada akhir fase E, peserta didik mampu menjelaskan proses bisnis pada bidang teknik komputer dan telekomunikasi, meliputi perencanaan, analisis kebutuhan pelanggan, strategi implementasi (instalasi dan konfigurasi), dan perancangan prosedur kepuasan pelanggan termasuk di dalamnya penerapan budaya mutu.
  • Pada akhir fase E, peserta didik mampu menjelaskan perkembangan teknologi pada perangkat teknik jaringan komputer dan telekomunikasi termasuk 5G, Microwave Link, IPV6, teknologi serat optik terkini, sistem sensor, IoT, Smart Device, Smart Home, Smart City, Cloud Computing, serta menganalisis isu-isu implementasi teknologi jaringan dan telekomunikasi terkini antara lain keamanan informasi, penetrasi internet.
  • Pada akhir fase E, peserta didik mampu menjelaskan jenis-jenis profesi kewirausahaan (job-profile dan technopreneurship) serta peluang usaha di bidang Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi, untuk membangun vision dan passion, dengan melaksanakan pembelajaran berbasis proyek nyata sebagai simulasi proyek kewirausahaan.
  • Pada akhir fase E, peserta didik mampu menggunakan peralatan/teknologi di bidang jaringan komputer dan telekomunikasi antara lain komputer, router, manageable switch, OTDR, firewall, server, dll.
  • Pada akhir fase E, peserta didik mampu menerapkan K3LH dan budaya kerja industri, antara lain: praktik-praktik kerja yang aman, bahaya-bahaya di tempat kerja, prosedur- prosedur dalam keadaan darurat, dan penerapan budaya kerja industri (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin), termasuk pencegahan kecelakaan kerja di tempat tinggi dan prosedur kerja di tempat tinggi (pemanjatan).
  • Pada akhir fase E, peserta didik mampu menerapkan prinsip dasar sistem IPV4/IPV6, TCP IP, Networking Service, sistem keamanan jaringan telekomunikasi, sistem seluler, sistem microwave, sistem VSAT IP, sistem Optik, dan sistem WLAN.
  • Pada akhir fase E, peserta didik mampu menggunakan alat ukur, termasuk pemeliharaan alat ukur untuk seluruh jaringan komputer dan sistem telekomunikasi.

Untuk mengunduh Capaian Pembelajaran Dasar TJKT silahkan klik pada tautan berikut ini : 

Kesimpulan

Evolusi Capaian Pembelajaran Dasar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi (TJKT) pada tahun 2023 menunjukkan pergeseran paradigma yang signifikan. Perbedaan utama terlihat pada peningkatan dari sekadar pemahaman konsep menjadi kemampuan praktis yang lebih luas. Siswa tidak hanya diuji pada sejauh mana mereka memahami dasar-dasar teknologi jaringan dan telekomunikasi, tetapi juga sejauh mana mereka dapat mengaplikasikan dan mengimplementasikan pengetahuan tersebut dalam konteks dunia nyata. Dengan penekanan yang lebih besar pada keterampilan praktis, perubahan ini bertujuan untuk melahirkan lulusan TJKT yang tidak hanya memiliki landasan teoritis yang kuat, tetapi juga siap menghadapi tantangan kompleks dalam lingkungan kerja yang dinamis. Dengan demikian, perkembangan ini mencerminkan komitmen terhadap penyempurnaan pendidikan TJKT untuk memastikan bahwa lulusannya tidak hanya memenuhi, tetapi juga melampaui harapan industri yang terus berkembang.

Semoga bermanfaat, mohon maaf jika terdapat kekurangan, terimakasih salam hangat Blog Wahyup.

Tag Penelusuran :

  • Dasar TJKT
  • Capaian Pembelajaran Dasar TJKT
  • Kurikulum Merdeka
  • Tujuan Dasar TJKT
  • Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi

Post a Comment for "Capaian Pembelajaran Dasar TJKT 2023 "